Tuesday, August 5, 2014

Dongeng Wayang Kancil - Kancil Dalam Kurungan Pak Tani - Kancil in The Cage

Tim dari Balai Budaya Minomartani berusaha untuk menyuguhkan cerita binatang yang yang ada di pulau jawa. Dengan menggunakan media “Wayang Kancil” tim menyuguhkan cerita binatang yang ada di dalam buku Serat Kancil Saloka Darma ke dalam Pakeliran Wayang Kancil.
Video Dongeng Wayang Kancil berdurasi antara 10 – 20 menit. Menggunakan media Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Disuguhkan dengan Wayang terbuat dari kulit dan kertas karton, gawangan kelir, kelir, lampu blencong, batang pohon pisang, dodogan, kotak wayang, kepyak, dan diiringi dengan musik digital yang diambil dari gamelan jawa.
Dongeng Wayang Kancil with the story ” Kancil in The Cage “. The story taken from the book Serat Kancil Saloka Darma, the Javanese Ancient Fable. It is performed in Java Language using English subtitle.
Dongeng Wayang Kancil dengan mengambil cerita “Kancil di dalam Kurungan.” Dongeng ini diambil dari Dongeng Binatang Serat Kancil Saloka Darma. Dongeng Wayang Kancil ini disajikan menggunakan Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle berbahasa Inggris.
Ringkasan Cerita:
“ … Setelah Kancil tertangkap, akhirnya Pak Tani mengurung Kancil. Keesokan harinya Pak Tani akan memasak Kancil. Tiba-tiba anjing Pak Tani, Bleki, mendatangi kurungan Kancil. Akhirnya dengan akalnya, Kancil bisa meyakinkan Anjing untuk menggantikan Kancil di dalam kurungan. Keesokan harinya Pak Tani demikian terkejut karena Kancil telah hilang dan Bleki ada di dalam kurungan. Karena marah kemudian Pak Tani menghukum Bleki. Akhirnya Kancil meneruskan kembali perjalanannya di dalam Hutan Gebang Tinatar


“ … Finally The Farmer can catch Kancil and then he puts Kancil in a cage. In the morning The Farmer gonna cook Kancil. Bleki, The Farmer’s dog, comes to see Kancil. Kancil tells Bleki that Kancil gonna marry The Farmer’s daughter in the morning. Bleki loves The Farmer’s daughter and wants to marry her that’s why Bleki forces  to replace Kancil in the cage. Kancil agrees. In the morning The Farmer is so angry because Kancil has gone because of Bleki. Finally The Farmer gives Bleki a lesson. Kancil continues his journey  to The Jungle  Gebang Tinatar … “

(penulis: Anggara SW)

No comments:

Post a Comment