Monday, August 11, 2014

Dongeng Wayang Kancil - Kancil Pahlawan - Kancil The Hero of The Jungle


Tim dari Balai Budaya Minomartani berusaha untuk menyuguhkan cerita binatang yang yang ada di pulau jawa. Dengan menggunakan media “Wayang Kancil” tim menyuguhkan cerita binatang yang ada di dalam buku Serat Kancil Saloka Darma ke dalam Pakeliran Wayang Kancil.
Video Dongeng Wayang Kancil berdurasi antara 10 – 20 menit. Menggunakan media Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Disuguhkan dengan Wayang terbuat dari kulit dan kertas karton, gawangan kelir, kelir, lampu blencong, batang pohon pisang, dodogan, kotak wayang, kepyak, dan diiringi dengan musik digital yang diambil dari gamelan jawa.
Dongeng Wayang Kancil dengan mengambil cerita “Kancil Pahalwan di Hutan” Dongeng ini diambil dari Dongeng Binatang Serat Kancil Saloka Darma. Dongeng Wayang Kancil ini disajikan menggunakan Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle berbahasa Inggris.
Ringkasan Cerita:
“ … Ketentraman Hutan Gebang Tinatar terusik oleh datangnya raksasa yang hendak mencari Kancil untuk dimakan sebagai tuumbal kekuatan sang raksasa. Raksasa mengobrak-abrik hutan, akhirnya para binatang lari menyelamatkan diri. Gajah bertemu dengan Kancil dan meminta pertolongan Kancil untuk mengusir raksasa dari hutan. Kemudian dengan akalnya yang cerdik, Kancil berhasil mengusir raksasa dari hutan … “



“ … A giant comes to the forest Gebang Tinatar to find Kancil. He would like to eat Kancil to be an immortal. The giant destroys the jungle and all the animal run away. The elephant meets Kancil and asks Kancil to make the giant leave from the jungle. Kancil finds the way to trick the giant … “

                                                                                                                                               (ASW)

No comments:

Post a Comment