Thursday, August 7, 2014

Dongeng Wayang Kancil - Kancil Memperdaya Harimau - Kancil Tricked Tiger


Tim dari Balai Budaya Minomartani berusaha untuk menyuguhkan cerita binatang yang yang ada di pulau jawa. Dengan menggunakan media “Wayang Kancil” tim menyuguhkan cerita binatang yang ada di dalam buku Serat Kancil Saloka Darma ke dalam Pakeliran Wayang Kancil.
Video Dongeng Wayang Kancil berdurasi antara 10 – 20 menit. Menggunakan media Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle Bahasa Inggris. Disuguhkan dengan Wayang terbuat dari kulit dan kertas karton, gawangan kelir, kelir, lampu blencong, batang pohon pisang, dodogan, kotak wayang, kepyak, dan diiringi dengan musik digital yang diambil dari gamelan jawa.
Dongeng Wayang Kancil dengan mengambil cerita “Kancil dan Harimau.” Dongeng ini diambil dari Dongeng Binatang Serat Kancil Saloka Darma. Dongeng Wayang Kancil ini disajikan menggunakan Bahasa Jawa dan menggunakan subtitle berbahasa Inggris.
Ringkasan Cerita:
” … Setelah Kancil berlari dari Buaya, akhirnya Kancil bertemu dengan harimau yang lapar. Harimau ingin memakan Kancil tetapi Kancil berusaha mempertahankan diri. Akhirnya Kancil kalah dan melarikan diri. Tiba-tiba Kancil menemukan kotoran kerbau, ular yang sedang tidur melingkar, dan  pohon bambu. Akhirnya dengan akal pikirannya, Kancil bisa memperdaya Harimau dan selamatlah Kancil … “



” … After running away from the crocodiles, Kancil meets a starving tiger. The tiger wants to eat Kancil. Kancil runs away from the tiger. In the middle of the way, Kancil finds a buffalo poop, a sleeping snake, and bamboo tress. Kancil is a clever animal. Kancil finds the way to trick the tiger. Kancil survives and goes deeper the jungle … “

(penulis: Anggara SW)

No comments:

Post a Comment